Pemerintah Desa Kersaratu Kec. Maingping Melayani pada hari Kerja Senin-Jum'at: 08.00-16.00, Istirahat Jam 12.00-13.00 (Senin-Kamis)/Jam 11.00-13.00 (Jum'at) Acara Kegiatan MUsrenbangdes RKPD 2023 di Kantor Desa Kersaratu MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN DESA TAHUN 2023

Artikel

DAFTAR NAMA KADER POS PELAYANAN TERPADU DESA KERSARATU KECAMATAN MALINGPING KABUPATEN LEBAK

22 Februari 2022 15:06:03  Administrator  440 Kali Dibaca  Berita Desa

Tugas Kader Posyandu

 Berikut ini tugas-tugas Kader Posyandu Desa sebelum hari buka, adalah:

  1. Melakukan persiapan penyelenggaraan kegiatan Posyandu.
  2. Menyebarluaskan informasi tentang hari buka Posyandu melalui pertemuan masyarakat setempat atau surat edaran.
  3. Melakukan pembagian tugas antar kader, meliputi kader yang menangani pendaftaran, penimbangan, penyuluhan, pencatatan, pemberian makanan tambahan, serta pelayanan yang dapat dilakukan oleh kader.
  4. Melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan atau petugas lainnya. Sebelum pelaksanaan kegiatan kader melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan dan petugas lainnya terkait dengan jenis layanan yang akan diselenggarakan. Jenis kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Posyandu sebelumnya atau rencana kegiatan yang telah ditetapkan berikutnya
  5. Menyiapkan bahan pemberian makanan tambahan PMT Penyuluhan dan PMT Pemulihan (jika diperlukan), serta penyuluhan. Bahan-bahan penyuluhan sesuai dengan permasalahan yang ada yang dihadapi oleh orang tua di Desa serta disesuaikan dengan metode penyuluhan, seperti: menyiapkan bahan-bahan makanan apabila mau melakukan demo masak, lembar balik apabila mau menyelenggarakan kegiatan konseling, kaset atau CD, buku KIA, KMS, sarana stimulasi balita, dan lain-lain.
  6. Menyiapkan buku-buku catatan kegiatan Posyandu.

 

 Berikut ini tugas-tugas Kader Posyandu Desa pada saat hari buka, adalah:

  1. Melakukan pendaftaran, yang meliputi pendaftaran balita, ibu hamil (Bumil), ibu nifas, ibu menyusui, dan sasaran lainnya.
  2. Menyelenggarakan Pelayanan kesehatan ibu dan anak. Untuk pelayanan kesehatan anak pada Posyandu, dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala anak, deteksi perkembangan anak, pemantauan status imunisasi anak, pemantauan terhadap tindakan orang tua tentang pola asuh yang dilakukan pada anak, pemantauan yang berkaitan dengan permasalahan balita, dan lain sebagainya.
  3. Melakukan bimbingan bagi orang tua melakukan pencatatan terhadap berbagai hasil pengukuran dan pemantauan kondisi balita.
  4. Melakukan penyuluhan tentang pola asuh balita, agar anak tumbuh sehat, aktif, cerdas dan tanggap. Dalam kegiatan itu, kader bisa memberikan layanan konsultasi, konseling, diskusi kelompok. dan demonstrasi (Praktek) dengan orang tua/keluarga balita.
  5. Memberikan motivasi agar orang tua balita terus melakukan pola asuh yang baik pada anaknya, dengan menerapkan prinsip asih-asah-asuh.
  6. Memberikan penghargaan kepada orang tua yang telah datang ke Posyandu dan minta mereka untuk kembali pada hari Posyandu berikutnya.
  7. Menyampaikan informasi pada orang tua agar menghubungi kader jika ada permasalahan yang terkait dengan anak balitanya, jangan segan atau malu.
  8. Melakukan pencatatan kegiatan apa saja yang telah dilakukan pada hari buka Posyandu.

 

 Tugas Kader Posyandu Setelah Hari Buka

Berikut ini tugas-tugas Kader Posyandu Desa setelah hari buka (diluar hari buka), adalah:

  1. Melakukan kunjungan ke rumah balita yang tidak hadir pada hari buka Posyandu, pada anak yang kurang gizi, atau pada anak yang mengalami gizi buruk rawat jalan, dan lain-lain.
  2. Memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan dalam rangka meningkatkan gizi keluarga, menanam obat keluarga, membuat tempat bermain anak yang aman dan nyaman, dan lain-lain. Selain itu, memberikan penyuluhan agar mewujudkan rumah sehat, bebas jentik, kotoran, sampah, bebas asap rokok, BAB di jamban sehat, menggunakan air bersih, cuci tangan pakai sabun, tidak ada tempat berkembang biak vektor atau serangga/binatang pengganggu lainnya (nyamuk, lalat, kecoa, tikus, dan lain-lain).
  3. Menyelenggarakan pertemuan dengan tokoh masyarakat, pimpinan wilayah untuk menyampaikan atau menginformasikan hasil kegiatan Posyandu serta mengusulkan dukungan agar Posyandu dapat terus berjalan dengan baik.
  4. Menyelenggarakan pertemuan-pertemuan, diskusi atau forum komunikasi dengan masyarakat, untuk membahas penyelenggaraan atau kegiatan Posyandu di waktu yang akan datang. Usulan dari masyarakat inilah yang nanti digunakan sebagai acuan dalam menyusun rencana tindak lanjut kegiatan berikutnya.
  5. Mempelajari Sistem Informasi Posyandu (SIP). SIP adalah sistem pencatatan data atau informasi tentang pelayanan yang diselenggarakan di Posyandu, dan memasukkan kegiatan Posyandu tersebut dalam SIP. Adapun Manfaat SIP ini adalah sebagai acuan bagi kader Posyandu Desa untuk memahami permasalahan yang ada, sehingga dapat mengembangkan jenis kegiatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sasaran.

 

 Demikianlah penjelasan tentang Tugas Kader Posyandu Desa Tahun 2022. Semoga menjadi rujukan bagi kader kesehatan di desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

 

NO

NIK

NAMA

JK

TEMPAT LAHIR

TANGGAL LAHIR

JABATAN

ALAMAT

1

 

ENENG SOLIHAH

P

LEBAK

08-08-1995

TULIP

KP.CIKORANJI  RT 009 RW 005

2

 

SITI ROHMAH

P

LEBAK

12-07-1992

TULIP

KP.CIKORANJI  RT 009 RW 005

3

 

JUNIAH

P

LEBAK

15-11-1989

TULIP

KP.CIKORANJI  RT 009 RW 005

4

 

DEDE MARLINA

P

LEBAK

02-02-1991

TULIP

KP. BANTARWARU RT 008 RW 005

5

 

LILIS LIANA

P

LEBAK

25-02-2002

TULIP

KP. BANTARWARU RT 008 RW 005

6

 

BAI FATIMAH

P

LEBAK

12-06-1974

MATAHARI

KP.SAKEPANG RW 003

7

 

AMSINAH

P

LEBAK

18-07-1983

MATAHARI

KP.SAKEPANG RW 003

8

 

MARLINA

P

LEBAK

12-12-1999

MATAHARI

KP.SAKEPANG RW 003

9

 

SARYATI

P

LEBAK

05-01-1976

MATAHARI

KP.SAKEPANG RW 003

10

 

ENOK NURLAILAH

P

LEBAK

12-10-1984

MATAHARI

KP.SAKEPANG RW 003

11

 

ROSTIANI

P

LEBAK

10-09-1996

ANGREK

KP. SUMAKAMU RW 002

12

 

JUHENAH

P

LEBAK

23-12-1989

ANGREK

KP. SUMAKAMU RW 005

13

 

ASMI

P

LEBAK

06-05-1974

ANGREK

KP. CIP. WARUNG RW 002

14

 

RANAH

P

LEBAK

05-01-1978

ANGREK

KP. SUMAKAMU RW 002

15

 

TUTI HAYATI

P

LEBAK

03-07-1985

ANGREK

KP. SUMAKAMU RW 002

16

 

ERNAWATI

P

LEBAK

12-07-1987

DAHLIA

KP. CIPEUNDEUY LEBAK RW 001

17

 

NENI

P

LEBAK

10-10-1964

DAHLIA

KP. CIPEUNDEUY LEBAK RW 001

18

 

UUZ SUNENGSIH

P

LEBAK

10-07-1995

DAHLIA

KP. CIPEUNDEUY LEBAK RW 001

19

 

BABAY

P

LEBAK

29-04-1977

DAHLIA

KP. CIPEUNDEUY LEBAK RW 001

20

 

IIS FATMAWATI

P

LEBAK

02-01-1975

DAHLIA

KP. CIPEUNDEUY LEBAK RW 001

21

 

ROHAYATI

P

LEBAK

12-07-1980

SAKURA

KP. CIJENGKOL RW 004

22

 

SUSI NURFADILAH

P

LEBAK

04-04-2001

SAKURA

KP. CIJENGKOL RW 004

23

 

ASMAH

P

LEBAK

04-02-1977

SAKURA

KP. CIJENGKOL RW 004

24

 

RAMI RIYANI

P

LEBAK

18-12-1979

SAKURA

KP. CIJENGKOL RW 004

25

 

ONIH

P

LEBAK

07-06-1991

SAKURA

KP. SIMANG TIGA RW 004

 

Unduh Lampiran:
DAFTAR NAMA KADER POS PELAYANAN TERPADU DESA KERSARATU KECAMATAN MALINGPING KABUPATEN LEBAK

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Desa Kersaratu-Malingping Km 06 Malingping
Desa : Kersaratu
Kecamatan : Malingping
Kabupaten : Lebak
Kodepos : 42391
Telepon : 082125676989
Email : kantordesakersaratu@gmai.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:120
    Kemarin:81
    Total Pengunjung:116.499
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.147.6.122
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

22 Februari 2022 | 440 Kali
DAFTAR NAMA KADER POS PELAYANAN TERPADU DESA KERSARATU KECAMATAN MALINGPING KABUPATEN LEBAK
19 Januari 2022 | 303 Kali
Pelantikan Ketua RT dan RW Periode 2022-2024
03 Januari 2022 | 300 Kali
Kontak Kami
29 Juli 2013 | 298 Kali
Profil Desa
03 Januari 2022 | 282 Kali
Data Desa
26 Januari 2022 | 280 Kali
Sejarah Desa Kersaratu
19 September 2023 | 270 Kali
PEMBANGUNAN JALAN POROS DESA KP. SAKEPANG TAHUN 2023

 Data RT/RW